Informasi Harga Kain Tenun Kelam Sintang Modern

Informasi Harga Kain Tenun Kelam Sintang Modern – Halo Sahabat Fashionnewso, Siapa yang tidak kenal dengan Kain Tenun Kelam Sintang? Salah satu kain tradisional Indonesia yang terkenal dengan keindahan dan kerapian tenunannya. Apa sih sebenarnya Kain Tenun Kelam Sintang ini? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Kain Tenun Kelam Sintang merupakan kain tenun tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Sintang, Kalimantan Barat. Teknik tenunnya cukup unik karena menggunakan tenun bukan mesin. Kain ini terbuat dari serat alami seperti kapas atau sutra, yang diolah menjadi benang panjang dan kemudian ditenun dengan menggunakan tenun tanpa bantuan alat modern. Hasil dari teknik tenun ini adalah kain yang bermotif indah dan terlihat rapi serta kuat.

Poin-poin yang terkait dengan Kain Tenun Kelam Sintang antara lain adalah bahan-bahan yang digunakan, motif-motif tenunan, teknik pengerjaan, hingga keunikan dan keindahan dari kain tenun ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kain Tenun Kelam Sintang biasanya adalah serat alami seperti kapas atau sutra yang diambil dari tumbuhan lokal, yang kemudian diproses menjadi benang dengan menggunakan teknik tradisional. Motif-motif khas dari tenunan ini cukup bervariasi mulai dari corak geometris hingga motif alamiah seperti motif daun atau bunga-bungaan. Selain itu, teknik pengerjaan yang digunakan juga cukup unik karena hanya menggunakan tenun tanpa bantuan alat modern dan hanya memanfaatkan tangan sebagai penggerak tenun.

Tentunya ada target dari pembahasan Kain Tenun Kelam Sintang ini yaitu menyapaikan informasi yang lengkap tentang kain tenun ini agar masyarakat lebih mengenal dan tertarik untuk mempelajari serta menggunakan Kain Tenun Kelam Sintang. Meski begitu, Kain Tenun Kelam Sintang memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda dengan kain tradisional lainnya sehingga patut dipertahankan dan dilestarikan.

Beberapa Model Kain Tenun Kelam Sintang

1. Kain Tenun Kelam Sintang motif daunKain tenun Kelam Sintang dengan motif daun sangat populer di kalangan pecinta kain tradisional. Motif daun pada tenunan ini terlihat sangat rapi dan menawan, memberikan kesan keindahan yang unik dan elegan. Kain tenun dengan motif daun cocok digunakan untuk berbagai macam kegiatan formal maupun non-formal yang bisa membuatmu tampil cantik dan anggun.

2. Kain Tenun Kelam Sintang motif geometrisKain tenun Kelam Sintang dengan motif geometris memiliki ciri khas garis-garis dan bentuk-bentuk geometris yang cukup sederhana namun tetap terlihat indah dan menawan. Motif geometris ini cocok digunakan untuk busana yang simpel dan trendy, bisa digunakan oleh siapa saja dan untuk berbagai macam acara.

3. Kain Tenun Kelam Sintang kombinasi warnaKain tenun Kelam Sintang dengan kombinasi warna yang unik dan menarik menjadikan kain tenun ini sangat spesial dan terlihat elegan. Warna-warna pada kain tenun Kelam Sintang sering menggabungkan beberapa warna atau gradasi corak yang harmonis, yang menghasilkan tampilan yang memukau dan sangat berseni.

Demikianlah informasi pertama model Kain Tenun Kelam Sintang yang indah dan menawan. Dari penjelasan di atas, kita bisa mendapatkan gambaran tentang keuniqan dan keindahan dari kain tenun ini. Baca terus agar informasi tentang Kain Tenun Kelam Sintang ini bermanfaat bagi Kamu dan semakin melekat di hati sebagai kain tradisional Indonesia yang sangat istimewa.

Deskripsi Produk Kain Tenun Kelam Sintang

Ukuran Warna Bahan Kualitas Fungsi Fitur
3m x 1.5m Hijau, Merah, Biru, Ungu, Coklat Kapas, Sutra Tinggi Busana, Aksesoris, Dekorasi Rumah Sudah Ada Hiasan, Rajutan Tangan

Kain Tenun Kelam Sintang adalah kain tenun yang berasal dari Kabupaten Sintang di Kalimantan Barat. Kain tenun ini dihasilkan melalui proses tradisional yang memakan waktu dan tenaga yang cukup besar. Namun hasilnya sangat memuaskan dengan kualitas tinggi dan keunikan motif serta coraknya.

Warna-Warna dari Kain Tenun Kelam Sintang

Kain Tenun Kelam Sintang memiliki beragam warna, antara lain:

  • Hijau: Hijau tua, hijau muda, hijau daun, hijau lumut
  • Merah: Merah tua, merah muda, merah marun, merah jambu
  • Biru: Biru laut, biru dongker, biru muda, biru tua
  • Ungu: Ungu muda, ungu tua, ungu lembayung
  • Coklat: Coklat muda, coklat tua, coklat kecoklatan

Masing-masing warna memiliki pengertian tersendiri dalam adat istiadat masyarakat Sintang.

Ukuran dari Kain Tenun Kelam Sintang

Kain Tenun Kelam Sintang tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu:

  • 3m x 1.5m
  • 2.5m x 1.5m
  • 2m x 1.5m
  • 1m x 1m

Ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk busana atau dekorasi rumah.

Jenis Bahan Kain Tenun Kelam Sintang

Kain Tenun Kelam sintang memiliki dua jenis bahan utama, yaitu kapas dan sutra. Kapas diambil dari tanaman kapas yang ditanam oleh masyarakat sekitar. Sedangkan sutra didatangkan dari Jawa.

Kain Tenun Kelam Sintang berbahan dasar kapas biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti baju dan sarung. Sementara itu, kain tenun Kelam Sintang berbahan dasar sutra sering digunakan untuk keperluan adat, seperti baju adat dan selendang pengantin.

Kualitas Kain Tenun Kelam Sintang

Kualitas Kain Tenun Kelam Sintang sangat tinggi. Kain tenun ini tidak mudah luntur dan awet digunakan. Kain Tenun Kelam Sintang juga memiliki daya tarik tersendiri karena keunikan motif dan coraknya.

Kegunaan Umum dari Kain Tenun Kelam Sintang

Kegunaan umum Kain Tenun Kelam Sintang antara lain:

  • Busana: Baju, rok, celana
  • Aksesoris: Selendang, syal, saputangan
  • Dekorasi Rumah: Gorden, taplak meja, hiasan dinding

Fitur-Fitur Kain Tenun Kelam Sintang

Berikut adalah fitur-fitur Kain Tenun Kelam Sintang:

  • Sudah ada hiasan
  • Rajutan tangan
  • Unik dan eksklusif
  • Halus dan lembut
  • Mudah diatur dan dikombinasikan

Baca: Informasi Harga Kain Tenun Maumere Original Terbaru

Keunggulan Kain Tenun Kelam Sintang

  • Warna-warna yang indah dan menarik perhatian.
  • Bahan berkualitas tinggi dan tahan lama
  • Pola-pola yang rumit dan artistik
  • Mudah dalam perawatan
  • Menunjukkan kerajinan tangan yang otentik dan tradisional

Kain tenun adalah salah satu produk tekstil Indonesia yang sangat terkenal. Kain tenun Kelam Sintang merupakan kain tenun yang berasal dari daerah Sintang, Kalimantan Barat. Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh Kain Tenun Kelam Sintang. Pertama-tama, warnanya yang indah dan menarik perhatian. Dengan motif-motif tradisional, kain tenun Kelam Sintang akan memberikan tampilan yang sangat menarik dengan warna-warna yang cerah dan jelas. Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat kain tenun Kelam Sintang sangat berkualitas tinggi dan tahan lama. Ini membuat mereka cocok untuk digunakan sebagai penghias atau pakaian sehari-hari. Pola-pola kain tenun Kelam Sintang juga sangat rumit dan artistik, karena dibuat dengan tangan. Meskipun begitu, kain tenun Kelam Sintang mudah dalam perawatan sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus. Dalam hal ini, kain tenun Kelam Sintang sangat mudah dijaga dan dirawat. Terakhir, kain tenun Kelam Sintang menunjukkan kerajinan tangan yang otentik dan tradisional, karena proses pembuatan kain tenun Kelam Sintang masih dilakukan secara manual.

Kekurangan Kain Tenun Kelam Sintang

  • Harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan bahan tekstil biasa.
  • Tidak cocok untuk dipakai dalam suasana formal atau resmi.
  • Tidak cocok untuk dikenakan dalam cuaca yang panas.
  • Tidak selalu tersedia di toko-toko atau pasar tradisional di Indonesia

Sebagai produk yang memiliki keunggulan, kain tenun Kelam Sintang tetap memiliki beberapa kekurangan. Pertama-tama, harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan bahan tekstil biasa seperti katun atau polyester. Selain itu, kain tenun Kelam Sintang tidak cocok untuk dipakai dalam suasana formal atau resmi seperti pesta pernikahan atau black-tie event. Kain tenun Kelam Sintang juga tidak cocok untuk dikenakan dalam cuaca yang terlalu panas atau lembab, karena bisa membuat tubuh mudah berkeringat. Terakhir, kain tenun Kelam Sintang kadang-kadang tidak tersedia di toko-toko atau pasar tradisional di Indonesia.

Event yang Cocok dengan Kain Tenun Kelam Sintang

  • Pernikahan adat atau upacara adat
  • Acara fashion show yang mengedepankan etnik dan budaya.
  • Festival budaya lokal atau internasional
  • Bazaar mode di pusat-pusat perbelanjaan

Kain tenun Kelam Sintang sangat sesuai untuk digunakan pada beberapa acara yang menonjolkan keanekaragaman budaya Indonesia. Pertama-tama, kain tenun Kelam Sintang cocok untuk digunakan dalam upacara adat seperti pernikahan adat atau upacara tradisional. Selain itu, kain tenun Kelam Sintang sangat cocok untuk dipakai dalam acara fashion show yang mengedepankan etnik dan budaya Indonesia. Kain tenun Kelam Sintang juga cocok untuk digunakan dalam festival budaya lokal atau internasional. Terakhir, kain tenun Kelam Sintang bisa menjadi daya tarik dalam bazaar mode di pusat-pusat perbelanjaan.

Tabel Daftar harga Kain Tenun Kelam Sintang

Harga Size Bahan
Sedang Kapas
Rp 1.200.000/roll Besar Sutra
Rp 2.500.000/roll Extra Besar Serat Alami

Keterangan tabel: Harga Per 1 roll (panjang 5-10 meter)

Perbandingan Produk Kain Tenun Kelam Sintang

Harga
30%
Kualitas
80%
Keunggulan
70%
Kepuasan
90%
Kekurangan
20%

Kain tenun Kelam Sintang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan produk kain lainnya. Namun, kualitasnya sangat baik dan tahan lama. Kain tenun Kelam Sintang juga memiliki keunggulan dalam desain dan motif yang rumit dan artistik. Selain itu, pembeli akan merasa sangat puas dengan kain tenun Kelam Sintang. Meskipun begitu, kain tenun Kelam Sintang masih memiliki kekurangan yaitu kurang cocok untuk dipakai dalam suasana formal atau resmi seperti pesta pernikahan atau black-tie event.

Baca: Informasi Penjual Kain Tenun Mandalika Terpercaya

Kesalahan Memilih Kain Tenun Kelam Sintang

Memilih kain tenun kelam sintang yang sesuai bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Terdapat beberapa faktor kesalahan yang sering terjadi ketika memilih kain tenun kelam sintang, antara lain:

1. Tidak Mengenal Jenis TenunanSebelum membeli kain tenun kelam sintang, pastikan untuk mengenal jenis-jenis tenunan. Setiap jenis tenunan memiliki ciri khasnya masing-masing, sehingga pengetahuan tentang jenis tenunan akan membantu Anda memilih dengan lebih tepat.

2. Tidak Memperhatikan Kualitas BenangKualitas benang yang digunakan pada kain tenun kelam sintang sangatlah penting. Jika benang yang digunakan berkualitas rendah, maka kain tenun kelam sintang yang dihasilkan juga tidak akan kuat dan awet.

3. Tidak Mengecek Tingkat Kekuatan WarnaTingkat kekuatan warna pada kain tenun kelam sintang juga perlu diperhatikan. Pastikan warna yang digunakan tidak mudah luntur dan tahan lama.

4. Tidak Memperhatikan Ukuran KainUkuran kain tenun kelam sintang juga perlu diperhatikan. Jangan sampai Anda membeli kain yang terlalu kecil atau terlalu besar untuk kebutuhan Anda.

5. Tidak Memeriksa Kondisi Kain Secara DetailTerakhir, pastikan untuk memeriksa kondisi kain secara detail sebelum membelinya. Periksa apakah ada cacat atau kerusakan pada kain. Jika ada, sebaiknya jangan membelinya.

Cara Return Produk Kain Tenun Kelam Sintang ke Penjual

Jika Anda tidak puas dengan produk kain tenun kelam sintang yang Anda beli, Anda bisa mengembalikannya ke penjual. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Membawa Kembali ke TokoLangkah pertama yang bisa dilakukan adalah membawa kembali kain tenun kelam sintang yang ingin di-return ke toko tempat Anda membelinya.

2. Menghubungi Penjual Melalui Telepon atau EmailJika Anda tidak bisa datang langsung ke toko, Anda bisa menghubungi penjual melalui telepon atau email untuk mengatur pengembalian barang.

3. Mengisi Formulir Pengembalian BarangBeberapa toko memiliki formulir pengembalian barang yang harus diisi oleh pelanggan yang ingin mengembalikan barang. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan benar.

4. Menyertakan Bukti PembelianJangan lupa untuk menyertakan bukti pembelian kain tenun kelam sintang yang ingin di-return. Bukti pembelian ini akan digunakan sebagai bukti bahwa Anda memang telah membeli barang di toko tersebut.

5. Membawa Kain Tenun Kelam Sintang dalam Kondisi BaikTerakhir, pastikan untuk membawa kain tenun kelam sintang yang ingin di-return dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Tips dan Trik Mendapatkan Kain Tenun Kelam Sintang Original

Mendapatkan kain tenun kelam sintang original bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya:

1. Membeli di Toko ResmiPastikan Anda membeli kain tenun kelam sintang original hanya di toko resmi. Hindari membeli di tempat yang tidak jelas, karena kemungkinan besar kain yang dijual di sana adalah palsu.

2. Mengecek Label ProdukSebelum membeli kain tenun kelam sintang, pastikan untuk mengecek label produk. Label ini akan memberikan informasi tentang produsen, bahan, dan cara merawat kain.

3. Memeriksa Kualitas KainMemeriksa kualitas kain juga perlu dilakukan sebelum membeli. Pastikan benang yang digunakan berkualitas baik dan warna kain tahan lama.

4. Mencari Rekomendasi dari Orang TerpercayaMencari rekomendasi dari orang terpercaya juga bisa membantu Anda mendapatkan kain tenun kelam sintang original. Tanyakan kepada teman atau kerabat yang pernah membeli kain tersebut, di mana mereka membelinya.

5. Menghindari Harga yang Terlalu MurahTerakhir, hindari membeli kain tenun kelam sintang dengan harga yang terlalu murah. Harga yang terlalu murah bisa menjadi tanda bahwa kain tersebut adalah barang palsu.

Q&A Tentang: Kain Tenun Kelam Sintang

Bagaimana Cara Merawat Kain Tenun Kelam Sintang?

Cara Merawat Kain Tenun Kelam Sintang:

Untuk merawat kain tenun kelam sintang, sebaiknya dicuci dengan tangan menggunakan deterjen yang lembut. Jangan menggunakan mesin cuci atau pengering, karena bisa merusak benang kain. Setelah dicuci, jemur kain di tempat yang teduh dan hindari sinar matahari langsung.

Apa Keunikan dari Kain Tenun Kelam Sintang?

Keunikan dari Kain Tenun Kelam Sintang:

Kain tenun kelam sintang memiliki ciri khas yang unik, yaitu pola yang dibuat dari benang warna-warni secara diagonal. Pola ini memberikan kesan yang berbeda dari kain tenun lainnya.

Apakah Kain Tenun Kelam Sintang Cocok untuk Acara Formal?

Kain Tenun Kelam Sintang dan Acara Formal:

Kain tenun kelam sintang bisa dipakai untuk acara formal, tergantung pada model dan warnanya. Kain dengan warna gelap dan pola yang sederhana bisa menjadi pilihan untuk acara formal.

Apakah Kain Tenun Kelam Sintang Cocok untuk Pakaian Sehari-hari?

Kain Tenun Kelam Sintang dan Pakaian Sehari-hari:

Kain tenun kelam sintang juga cocok untuk pakaian sehari-hari. Kain yang nyaman dan mudah dipadukan dengan berbagai jenis pakaian.

Kesimpulan dari Kain Tenun Kelam Sintang

Kain tenun kelam sintang adalah salah satu produk tekstil Indonesia yang memiliki ciri khas unik. Namun, saat membeli kain tenun kelam sintang, pastikan untuk memperhatikan faktor-faktor yang telah dijelaskan agar tidak salah memilih kain. Selain itu, jika Anda ingin mengembalikan produk kain tenun kelam sintang, pastikan untuk melakukan langkah-langkah yang tepat. Terakhir, gunakan tips dan trik yang telah dijelaskan untuk mendapatkan kain tenun kelam sintang original.

Baca: jual Murah Kain Tenun Sumba Barat Berkualitas

Rekomendasi Produk Lokal & Import Sejenis dengan Kain Tenun Kelam Sintang

Kain Tenun Kelam Sintang adalah jenis kain tradisional yang berasal dari Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Kain ini terbuat dari serat alam dan dihasilkan melalui proses tenun yang rumit dengan pola-pola unik. Kain Tenun Kelam Sintang sangat terkenal di Indonesia karena keindahannya dan keunikannya. Namun, jika Anda ingin mencari alternatif lain selain Kain Tenun Kelam Sintang, berikut rekomendasi produk lokal dan import sejenis yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Kain Tenun Troso

Kain Tenun Troso adalah jenis kain tenun tradisional yang berasal dari Desa Troso, Jawa Tengah. Kain ini juga terbuat dari serat alam dan dihasilkan melalui proses tenun yang rumit. Kain Tenun Troso memiliki pola-pola yang unik dan warna-warna yang cerah. Kain ini sering digunakan sebagai bahan untuk kebaya dan pakaian tradisional lainnya.

2. Batik Tulis

Batik Tulis adalah jenis kain tradisional Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Kain ini dihasilkan melalui proses pewarnaan yang rumit dan memakan waktu cukup lama. Batik Tulis memiliki pola-pola yang unik dan bervariasi, tergantung pada daerah asalnya. Batik Tulis sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian tradisional Indonesia seperti kebaya, sarung, dan kemeja batik.

3. Ikat

Ikat adalah jenis kain tenun tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kain ini dihasilkan melalui proses tenun yang rumit dengan pola-pola unik. Ikat sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian, tas, dan aksesori lainnya.

4. Songket

Songket adalah jenis kain tradisional melayu yang berasal dari Sumatera dan Malaysia. Kain ini dihasilkan melalui proses tenun yang rumit dengan benang emas atau perak yang ditenun menjadi pola-pola indah. Songket sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian tradisional seperti baju kurung dan kebaya.

5. Tenun Bali

Tenun Bali adalah jenis kain tenun tradisional yang berasal dari Bali. Kain ini dihasilkan melalui proses tenun yang rumit dengan pola-pola unik dan warna-warna yang cerah. Tenun Bali sering digunakan sebagai bahan untuk pakaian, tas, dan aksesori lainnya.

Toko Kain Tenun Kelam Sintang

(10 ulasan)
Jl. Raya Puring No. 28Sintang, Kalimantan BaratIndonesia

Situs Web

Toko Kain Tenun Sintang

(5 ulasan)
Jl. Sultan Abdurrahman No. 1Sintang, Kalimantan BaratIndonesia

Situs Web

Toko Kain Tenun Borneo

(3 ulasan)
Jl. Aipda Ks Tubun No. 17APontianak, Kalimantan BaratIndonesia

Situs Web

Profile Picture

Dewi

29 April 2023

★ ★ ★ ★ ☆

Kain Tenun Kelam Sintang sangat indah dan unik. Saya sudah membeli beberapa potong untuk dijadikan bahan untuk pakaian dan aksesori. Kain ini juga tahan lama dan mudah dirawat. Saya sangat merekomendasikan Kain Tenun Kelam Sintang kepada semua orang yang ingin memiliki kain tradisional Indonesia yang berkualitas.

Profile Picture

Maria

15 Mei 2023

★ ★ ★ ★ ★

Kain Tenun Kelam Sintang benar-benar luar biasa. Saya sangat terkesan dengan pola-pola yang rumit dan indah. Kain ini juga sangat nyaman dan tidak panas. Saya akan membeli lebih banyak lagi di masa depan dan merekomendasikannya kepada teman dan keluarga saya.

Profile Picture

Andi

1 Juni 2023

★ ★ ★ ☆ ☆

Kain Tenun Kelam Sintang sangat bagus tapi harganya agak mahal. Saya akan merekomendasikan kain ini jika Anda memiliki anggaran yang cukup. Kain ini juga agak sulit ditemukan di toko-toko online, jadi saya harus mencarinya di toko-toko offline. Namun, secara keseluruhan saya puas dengan produk ini.

Referensi by: Wiki_kain_tenun_kelam_sintang

Tinggalkan komentar