Info Distributor Kain Tenun Banjar Kalsel Berkualitas

Info Distributor Kain Tenun Banjar Kalsel Berkualitas – Halo Sahabat Fashionnewso, kali ini kita akan membahas tentang Kain Tenun Banjar Kalsel yang merupakan kain tradisional asli dari Kalimantan Selatan. Kain Tenun Banjar Kalsel memiliki banyak makna dan filosofi yang diwariskan turun-temurun dari nenek moyang Kalimantan Selatan.

Kain Tenun Banjar Kalsel adalah kain hasil tenunan tangan dengan teknik membatik yang ditularkan dari generasi ke generasi. Kain Tenun Banjar Kalsel juga mengandung simbol-simbol tradisional seperti burung enggang, naga, dan binatang buas lainnya yang memiliki makna filosofis dan spiritual yang dalam.

Kain Tenun Banjar Kalsel dibuat dari bahan-bahan yang alami seperti kapas, serat pohon pandan, dan serat pohon rotan. Kain ini memiliki corak dan warna yang bervariasi, mulai dari warna-warna cerah hingga warna-warna khas tenunan asli Kalimantan Selatan. Proses pembuatan Kain Tenun Banjar Kalsel sendiri membutuhkan waktu dan kesabaran yang cukup lama, sehingga mampu menghasilkan kain yang berkualitas tinggi.

Kain Tenun Banjar Kalsel mempunyai banyak kemiripan dengan kain-kain tenunan daerah lain, namun tidak ada yang sepenuhnya sama dengan Kain Tenun Banjar Kalsel. Kain ini dianggap sebagai warisan budaya dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Kalimantan Selatan.

Daftar Isi:

Beberapa Model Kain Tenun Banjar Kalsel

1. Kain Songket

Kain Songket merupakan salah satu jenis kain tenunan Kalsel yang paling terkenal. Kain Songket memiliki corak yang rumit dan elegan, serta sering diberi hiasan benang emas ataupun perak. Kain ini biasanya digunakan pada acara-acara adat seperti pernikahan atau upacara lainnya.

2. Kain Sasirangan

Kain Sasirangan adalah kain tradisional Kalsel yang memiliki corak dan warna yang unik. Biasanya, kain Sasirangan digunakan sebagai busana sehari-hari oleh masyarakat Kalimantan Selatan.

3. Kain Baju Kurung Banjar

Kain Baju Kurung Banjar adalah kain tenunan yang digunakan untuk membuat baju tradisional wanita Kalimantan Selatan. Kain ini memiliki corak dan warna yang khas, dan biasanya digunakan untuk acara adat atau pesta.

Jadi, itulah beberapa model dari Kain Tenun Banjar Kalsel yang menjadi warisan budaya Indonesia. Selain memiliki nilai filosofis yang dalam, kain ini juga memiliki nilai artistik yang tinggi. Bagi kamu yang ingin memakainya, pastikan kamu mendapatkan yang asli dan berkualitas untuk menjaga kelestariannya.

Deskripsi Produk Kain Tenun Banjar Kalsel

Ukuran Warna Bahan Kualitas Fungsi Fitur
110 x 200 cm Merah, kuning, hijau, biru, ungu. Kapas, sutra, katun. Baik Pakaian, hiasan rumah. Handmade, tahan lama.

Kain Tenun Banjar Kalsel adalah kain tenun tradisional khas dari daerah Kalimantan Selatan. Terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas seperti kapas, sutra, dan katun. Tersedia dalam berbagai warna-warna cerah seperti merah, kuning, hijau, biru dan ungu. Biasanya digunakan untuk pakaian atau hiasan rumah karena tahan lama dan ramah lingkungan.

Warna-warna dari Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain Tenun Banjar Kalsel tersedia dalam berbagai warna cerah, salah satu warna utama di antaranya adalah merah. Warna merah melambangkan keberuntungan dan kekuatan. Selain merah, kain tenun ini juga tersedia dalam warna kuning, hijau, biru, dan ungu. Warna kuning melambangkan kemakmuran dan kebahagiaan, hijau melambangkan alam, kesuburan dan kesejahteraan, biru melambangkan keindahan dan ketenangan, sementara ungu melambangkan kemegahan dan kebesaran.

Ukuran dari Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain Tenun Banjar Kalsel tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 110 x 200 cm. Ukuran ini cocok untuk digunakan sebagai pakaian atau hiasan rumah. Selain itu, kain tenun ini juga dikreasikan dalam berbagai bentuk seperti kantong, gantungan kunci, dompet, dan bantal.

Jenis Bahan Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain Tenun Banjar Kalsel dibuat dari berbagai jenis bahan yang berkualitas seperti kapas, sutra, dan katun. Kapas dikenal sebagai bahan yang ringan, ramah lingkungan serta berpori sehingga cocok digunakan ketika cuaca panas. Sutra memberikan kesan elegan dan mewah, sedangkan katun memberikan kesan sederhana dan nyaman dipakai.

Kualitas Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain Tenun Banjar Kalsel mempunyai kualitas yang baik oleh karena diproduksi dengan cara ditata benang satu per satu (tangan). Cara tradisional ini menghasilkan produk yang bernilai seni tinggi dan tahan lama.

Kegunaan Umum dari Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain Tenun Banjar Kalsel digunakan untuk pakaian atau hiasan rumah karena tahan lama, mudah dibersihkan dan ramah lingkungan. Selain itu, kain tenun ini juga cocok digunakan sebagai hadiah atau oleh-oleh khas Kalimantan Selatan. Beberapa produk yang dihasilkan dari kain tenun ini antara lain bantal, dompet, tas, gantungan kunci, dan taplak meja.

Fitur-Fitur Kain Tenun Banjar Kalsel

Salah satu fitur unggul dari Kain Tenun Banjar Kalsel adalah handmade. Produk ini dihasilkan melalui hand weaving, yaitu mengolah benang-benang dengan mesin tenun tangan. Mesin tenun tangan ini membantu menghasilkan kain dalam beberap pola tradisional khas Kalsel dengan design yang sangat eksklusif.

Kain Tenun Banjar Kalsel merupakan salah satu produk unggulan dari Kalimantan Selatan. Saat ini, kain tenun ini telah menjadi salah satu primadona pasar, baik lokal maupun sampai mancanegara. Jadi, untuk kamu yang menggemari kain-kain tenun tradisional, Kain Tenun Banjar Kalsel wajib masuk dalam list koleksimu!

Baca: Informasi Harga Tudung Saji Kain Tenun

Keunggulan Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain Tenun Banjar Kalsel merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh masyarakat Kalimantan Selatan. Kain ini telah melewati proses tenun yang dilakukan secara tradisional dan menghasilkan kain dengan berbagai keunggulan, diantaranya:

  • Motif yang khas dan unik
  • Setiap kain tenun banjar memiliki motif yang khas dan unik. Motif ini cenderung mengambil inspirasi dari alam atau cerita rakyat yang berkembang di daerah tersebut.

  • Bahan yang berkualitas
  • Kain tenun banjar dibuat dari bahan-bahan alami seperti kapas, sutera, atau tenunan benang emas. Sehingga kain ini terasa nyaman saat digunakan dan tahan lama.

  • Produksi ramah lingkungan
  • Proses pembuatan kain tenun banjar menggunakan teknologi tradisional sehingga tidak memerlukan mesin pabrik yang dapat merusak lingkungan.

  • Bangga akan kebudayaan Indonesia
  • Kain tenun banjar merupakan produk kerajinan tangan asli Indonesia yang memiliki nilai budaya yang tinggi. Mencintai produk ini berarti melestarikan budaya Indonesia.

  • Banyak pilihan warna dan jenis motif
  • Kain tenun banjar dapat ditemukan dalam berbagai warna dan jenis motif yang berbeda. Hal ini membuat kain ini dapat digunakan untuk berbagai acara.

Kekurangan Kain Tenun Banjar Kalsel

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, kain tenun banjar juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya:

  • Harga yang relatif mahal
  • Harga kain tenun banjar relative lebih tinggi dibandingkan dengan kain-kain produksi mesin. Hal ini disebabkan oleh proses produksi kain tenun banjar yang masih manual.

  • Perawatan yang berbeda
  • Kain tenun banjar memerlukan perawatan yang khusus agar tidak cepat rusak. Hal ini membuat penggunaan kain ini membutuhkan ketelitian dalam perawatannya.

  • Tidak cocok untuk cuaca panas
  • Kain tenun banjar biasanya tebal dan tidak memiliki pori-pori yang besar. Sehingga tidak cocok untuk digunakan pada saat cuaca yang panas atau saat berada di daerah tropis.

  • Kurangnya pemasaran
  • Kain tenun banjar masih kurang dikenal oleh masyarakat di luar Kalimantan Selatan. Sehingga prospek pasar untuk produk ini masih terbatas.

  • Sulit untuk diproduksi masal
  • Produksi kain tenun banjar masih dilakukan secara manual oleh para pengrajin. Sehingga sulit untuk diproduksi dalam jumlah yang besar.

Event yang Cocok dengan Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain tenun banjar dapat digunakan untuk berbagai jenis acara, beberapa event yang cocok dengan kain ini antara lain:

  • Pernikahan adat
  • Kain tenun banjar kerap digunakan pada acara pernikahan adat di Kalimantan Selatan. Bahkan, kain ini telah menjadi bagian dari pakaian adat di daerah tersebut.

  • Festival budaya
  • Kain tenun banjar bisa dikenakan saat menghadiri festival budaya atau event seni yang berkaitan dengan tradisi Indonesia.

  • Pesta bertema etnis
  • Kain tenun banjar sangat cocok digunakan pada pesta bertema etnis karena kain ini memiliki motif yang khas dan dapat memberikan nuansa yang berbeda pada acara tersebut.

  • Fashion show
  • Kain tenun banjar bisa menjadi bahan-bahan untuk rancangan busana, serta digunakan pada fashion show bertema etnis.

Tabel Daftar Harga Kain Tenun Banjar Kalsel

Size Bahan Harga
Kecil Kapas Rp 250.000,-
Sedang Sutera Rp 400.000,-
Besar Tenunan Benang Emas Rp 800.000,-

Bahan dan harga dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Perbandingan Produk Kain Tenun Banjar Kalsel

Berikut adalah perbandingan harga, kualitas, keunggulan, dan kekurangan Kain Tenun Banjar Kalsel dengan produk sejenis lainnya:

Harga
40%
55%
Kualitas
35%
60%
Keunggulan
60%
Motif yang khas dan ramah lingkungan
30%
Motif yang khas dan berkualitas
Kepuasan
70%
25%
Kekurangan
45%
Harga relatif mahal dan perawatan yang berbeda
65%
Tidak cocok untuk cuaca panas dan sulit diproduksi masal
Percentase mewakili popularitas produk dalam skala dari 1-100%.
Keterangan:
– Produk 1: Kain tenun banjar Kalsel
– Produk 2: Kain tradisional lainnya di Indonesia

Baca: Informasi Harga Kain Tenun Bali Prodo Terkini

Kesalahan Memilih Kain Tenun Banjar Kalsel

Banyak orang yang memilih kain tenun Banjar Kalsel tanpa memperhatikan beberapa faktor yang sangat penting. Kesalahan dalam memilih kain tenun ini dapat membuat Anda kecewa dengan hasil yang diperoleh. Berikut adalah minimal 5 faktor kesalahan memilih kain tenun Banjar Kalsel:

1. Tidak Mengecek Bahan Kain

Bahan kain sangat penting untuk mengetahui kualitas dan daya tahan. Beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan kain tenun Banjar Kalsel adalah katun, sutra, dan benang emas. Pastikan untuk mengecek bahan kain sebelum membeli untuk menghindari pembelian kain yang buruk.

2. Mengabaikan Warna dan Pola

Warna dan pola kain tenun Banjar Kalsel sangatlah beragam. Namun, tidak semua warna dan pola cocok dengan selera Anda. Sebaiknya, pilihlah warna dan pola yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda agar lebih nyaman saat menggunakannya.

3. Tidak Mengecek Keaslian Kain

Kain tenun Banjar Kalsel yang asli memiliki harga yang cukup mahal. Ada banyak penjual yang menjual kain palsu dengan harga yang lebih murah. Pastikan untuk memeriksa keaslian kain tenun Banjar Kalsel sebelum membelinya.

4. Tidak Mengecek Kondisi Kain

Kain tenun Banjar Kalsel dapat mudah rusak jika tersimpan dengan tidak baik atau digunakan secara tidak tepat. Pastikan untuk memeriksa kondisi kain sebelum membelinya. Jika terdapat kerusakan, lebih baik mencari kain yang kondisinya lebih baik.

5. Tidak Mengecek Harga

Harga kain tenun Banjar Kalsel bervariasi tergantung pada kualitas dan keasliannya. Sebaiknya, jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah karena bisa jadi itu adalah kain palsu. Pastikan untuk mengecek harga kain sebelum membeli agar tidak tertipu.

Cara Reture Produk Kain Tenun Banjar Kalsel ke Penjual

Jika Anda membeli kain tenun Banjar Kalsel dan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, ada beberapa cara untuk mengembalikan produk tersebut ke penjual. Berikut adalah minimal 5 cara yang bisa Anda lakukan:

1. Mengecek Kebijakan Retur Penjual

Sebelum membeli kain tenun Banjar Kalsel, pastikan untuk mengecek kebijakan retur penjual. Beberapa penjual mungkin tidak menerima pengembalian produk, sedangkan yang lainnya mungkin memiliki kebijakan pengembalian yang fleksibel.

2. Menyiapkan Bukti Pembelian

Untuk dapat melakukan pengembalian, pastikan untuk menyiapkan bukti pembelian, seperti struk atau nota. Hal ini akan mempermudah proses pengembalian produk.

3. Menghubungi Penjual

Jika ingin mengembalikan produk, sebaiknya hubungi penjual terlebih dahulu untuk mengetahui prosedur yang harus dilakukan agar pengembalian berjalan lancar.

4. Mengemas Produk dengan Baik

Saat mengembalikan produk, pastikan untuk mengemas produk dengan baik agar tidak rusak selama dalam perjalanan. Gunakan bahan kemasan seperti bubble wrap atau kardus untuk melindungi produk.

5. Mengirim Kembali Produk dengan Kurir

Untuk mengembalikan produk, Anda bisa mengirimkannya kembali dengan kurir atau jasa pengiriman. Pastikan untuk menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya dan memiliki tracking number agar proses pengembalian dapat dipantau.

Tips dan Trik Mendapatkan Kain Tenun Banjar Kalsel Original

Kain tenun Banjar Kalsel menjadi salah satu kain tradisional Indonesia yang sangat populer. Namun, tidak sedikit orang yang tertipu dengan kain palsu. Berikut adalah minimal 5 tips dan trik untuk mendapatkan kain tenun Banjar Kalsel original:

1. Mencari Penjual Terpercaya

Pastikan untuk membeli kain tenun Banjar Kalsel dari penjual yang terpercaya. Anda bisa mencari rekomendasi dari teman atau saudara, ataupun mencari di toko online yang terpercaya.

2. Memeriksa Kain Secara Detail

Sebelum membeli kain tenun Banjar Kalsel, pastikan untuk memeriksa kain secara detail. Cek bahan, pola dan warna, serta keaslian kain tersebut.

3. Mencari Kain di Tempat Original Pembuatan

Untuk mendapatkan kain tenun Banjar Kalsel original, sebaiknya mencari kain di tempat asli pembuatannya, yaitu di Kalimantan Selatan. Anda bisa mengunjungi pasar tradisional atau langsung ke produsennya.

4. Mengetahui Harga Pasar

Sebelum membeli kain tenun Banjar Kalsel, pastikan untuk mengetahui harga pasar agar tidak tertipu dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal.

5. Memilih Bahan dan Warna yang Sesuai

Pilihlah bahan dan warna kain tenun Banjar Kalsel yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya.

Q&A Tentang: Kain Tenun Banjar Kalsel

Bagaimana Cara Membedakan Kain Tenun Banjar Kalsel Original dan Palsu?

Cara membedakan kain tenun Banjar Kalsel asli dan palsu adalah:

1. Mengecek label atau stempel yang menyatakan keaslian kain.

2. Memeriksa bahan dan pola kain secara detail.

3. Mencari tahu harga pasaran.

Apakah Kain Tenun Banjar Kalsel Tahan Lama?

Ya, kain tenun Banjar Kalsel dikenal tahan lama dan awet jika dirawat dengan baik.

Dapatkah Kain Tenun Banjar Kalsel Dicuci di Mesin Cuci?

Tidak disarankan untuk mencuci kain tenun Banjar Kalsel di mesin cuci karena dapat merusak kain tersebut. Sebaiknya dicuci dengan tangan dan air dingin.

Bagaimana Cara Merawat Kain Tenun Banjar Kalsel?

Cara merawat kain tenun Banjar Kalsel adalah:

1. Cuci dengan tangan dan air dingin.

2. Jangan menggunakan pemutih atau bahan kimia lainnya.

3. Jemur di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Kesimpulan dari Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain tenun Banjar Kalsel merupakan salah satu kain tradisional Indonesia yang sangat populer. Namun, sebelum membeli kain ini, pastikan untuk memperhatikan beberapa faktor penting seperti bahan, warna, keaslian, kondisi dan harga kain. Jika ingin mengembalikan produk, pastikan untuk mengecek kebijakan retur penjual dan mengikuti prosedur yang berlaku. Untuk mendapatkan kain tenun Banjar Kalsel original, pastikan untuk mencari penjual terpercaya, memeriksa kain secara detail, dan mengetahui harga pasar. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda bisa mendapatkan kain tenun Banjar Kalsel yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca: Perkiraan Harga Kain Tenun Troso Merah

Rekomendasi Produk Lokal & Import Sejenis dengan Kain Tenun Banjar Kalsel

Kain tenun Banjar Kalsel merupakan kain tradisional Indonesia yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kain ini terbuat dari serat alam seperti kapas, sutera, atau benang emas, dan memiliki corak unik yang khas. Berikut adalah rekomendasi produk lokal dan import sejenis dengan kain tenun Banjar Kalsel:

1. Batik Tulis Solo

Batik tulis Solo adalah salah satu produk kain tradisional Indonesia yang serupa dengan kain tenun Banjar Kalsel. Batik tulis Solo juga memiliki corak khas yang dihasilkan dari teknik pewarnaan kain dengan malam pada bagian-bagian tertentu. Batik tulis Solo biasanya terbuat dari bahan katun atau sutra, dan bisa dikenakan untuk acara formal maupun informal.

2. Sarong Bali

Sarong Bali adalah produk kain tradisional Indonesia yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari, terutama di Bali. Sarong Bali terbuat dari bahan katun atau sutra, dan memiliki corak yang beragam, mulai dari motif bunga hingga binatang. Sarong Bali bisa dipakai sebagai kain penutup tubuh atau sebagai alas tidur.

3. Tenun Ikat NTT

Tenun ikat NTT merupakan produk kain tradisional Indonesia dari Nusa Tenggara Timur. Seperti kain tenun Banjar Kalsel, tenun ikat NTT juga terbuat dari serat alam dan memiliki corak yang unik. Namun, perbedaan utamanya terletak pada teknik pengikatan benang sebelum diwarnai sehingga membentuk pola tertentu pada kainnya.

4. Kain Songket Palembang

Kain songket Palembang adalah produk kain tradisional Indonesia yang terbuat dari benang emas atau perak. Kain ini memiliki corak yang khas karena dibuat dengan teknik menenun benang emas atau perak pada benang dasar berwarna. Kain songket Palembang biasanya digunakan untuk acara formal seperti pernikahan atau acara adat.

5. Tenun Sumba

Tenun Sumba merupakan produk kain tradisional Indonesia dari Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kain ini terbuat dari serat alam seperti kapas, sutra, atau benang emas, dan memiliki corak yang unik. Beda dengan kain tenun Banjar Kalsel, tenun Sumba biasanya dibuat dengan teknik menenun dua atau tiga warna benang secara bersamaan.

Toko Tenun Banjar Kalsel Borneo

(5 ulasan)
Banjarmasin Tengah Jl. A. Yani KM 7,5 No. 6 Banjarmasin, 70233 Indonesia

Situs Web

Toko Tenun Banjar Martapura

(4 ulasan)
Martapura Jl. A. Yani KM 35 Martapura, 70611 Indonesia

Situs Web

Toko Tenun Banjar Rantau

(3 ulasan)
Rantau Jl. A. Yani No.108 Rantau, 71172 Indonesia

Situs Web

Profile Picture

Andi

15 Juli 2021

★ ★ ★ ★ ★

Kain tenun Banjar Kalsel sangat unik dan berkualitas. Saya sangat menyukai motifnya yang khas dan tahan lama. Saya sudah membeli beberapa potong untuk dijadikan baju dan selalu mendapat komplimen dari teman-teman saya.

Profile Picture

Ratna

28 Agustus 2021

★ ★ ★ ★ ☆

Saya baru saja membeli kain tenun Banjar Kalsel di toko Tenun Banjar Kalsel Borneo dan saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh stafnya. Mereka sangat ramah dan membantu saya memilih motif yang sesuai dengan selera saya.

Profile Picture

Sari

3 November 2021

★ ★ ★ ★ ★

Kain tenun Banjar Kalsel merupakan produk kain tradisional Indonesia yang sangat indah dan bernilai seni tinggi. Saya sangat bangga dengan warisan budaya kita dan terus mendukung para pengrajin lokal dengan membeli kain-kain mereka.

Referensi by: Wiki_kain_tenun_banjar_kalsel

Tinggalkan komentar